KEHARMONISAN DALAM RUMAH TANGGA

Saat memutuskan untuk menikah, Anda tentu ingin memiliki rumah tangga yang harmonis dan bahagia. Akan tetapi, dalam perjalanan membina rumah tangga seperti itu, banyak sekali masalah yang menghadang, mulai dari hal sepele sampai besar. Dari rentetan masalah tersebut, Anda mungkin pusing atau stres berumah tangga. Anda tidak sendiri. Setiap orang yang berkeluarga pasti mengalami masalah. Mengapa? Karena rumah tangga itu tidak ada sekolahnya. Untuk menjadikan keluarga harmonis kita harus tahu dulu apa saja tips-tips menciptakan keluarga yang harmonis. Untuk yang sudah berumah tangga dan yang akan mau berumah tangga ini adalah kiat-kiat keharmonisan dalam rumah tangga diantaranya: 


1. Perbaiki komunikasi

Seberapa bagus komunikasi Anda dengan pasangan Anda? Jika belum baik, perbaikilah secepatnya. Ingat, komunikasi itu murah namun mahal dampaknya kalau tidak dilakukan. Jika selama ini anda masih mengirim pesan singkat, maka ubahlah dengan cara menelpon nya sehingga anda langsung cepat dapat kabar dari pasangan anda. Hal apa saja yang perlu di tanyak kan? Itu tergantung dengan anda hal ingin apa yang mau di tanyak kan, kalau seandai nya pasangan anda sedang istirahat maka, tanyak kan lah keadaanya, kabar nya sudah makan atau belum. Jika anda suami ketika ada pekerjaan bisnis atau hal yang lain yang memungkinkan untuk pulang nya malam, maka telponlah istri anda untuk memberikan informasi kepadanya agar ia tidak khawatir kepada anda atau menyangka yang tidak-tidak kepada anda.


2. Buat keputusan secara matang

Jika Anda dihadapkan pada situasi yang serba sulit, buat keputusan secara matang. Jangan terburu-buru apalagi menuruti emosi Anda. Pikirkan apa yang hendak ingin dibuat dan dilakukan sehingga keputusan yang anda lakukan tidak merugikan kepada anda. 

Contoh nya seperti, isteri anda ingin pindah rumah karna rumah yang sekarang ditempati ia tidak merasa nyaman. Yang perlu anda lakukan adalah menimbang sisi postif dan negatif nya. Jika tinggal di rumah yang ditempati sebelum nya banyak negatif nya maka turutilah isteri anda. Ini bukan hal mengalah. Bukan pula anda lembek. Bukan pula takut sama isteri. Tapi, keputusan yang anda buat telah dipertimbangkan dengan matang.


3. Bersyukur

Bersyukurlah akan pasangan anda. Mengapa? Karena masih banyak orang yang susah mencari suami atau isteri. Selain itu, dengan bersyukur, anda menerima kelebihan dan kekurangan pasangan anda. Selain itu anda juga sudah dipilih oleh Allah menjadi pasangan yang mempunyai kelebihan dan kekurangan dangan hal itu anda bisa menutupi kekurangan pasangan anda dengan kelebihan yang anda miliki. Doakan ia agar menjadi pasangan yang membawa keta'atan kepada Allah SWT dan menjadi lebih baik lagi. Bersyukur adalah kunci kebahagian dalam rumah tangga.


4. Saling menghargai

Rumah tangga itu menyatukan dua sifat yang berbeda. Nah, supaya perbedaan ini menjadi kekuatan, anda harus menghargai pasangan anda. HargI keputusan pasangan anda itu akan membuat ia mengerti akan keadaan anda. 


5. Adil dalam urusan waktu

Anda mungkin sibuk dalam urusan ngajar, bisnis, pekerjaan, atau yang lainnya. Namun, kesibukan tersebut tidak harus mengganggu waktu anda dengan keluarga. Upayakan adil dalam mengatur waktu untuk pekerjaan dan keluarga. Luangakn waktu anda untuk keluarga seperti, mengajak isteri untuk pergi berjalan-jalan, menghabiskan waktu bersamanya, dengan hal itu isteri anda akan merasa lebih senang dan bahagia, dengan menyenangkan hati isteri adalah sebuah pahala yang besar buat anda (suami). 


6. Berlibur bersama

Kiat lain dalam mempertahankan keharmonisan rumah tangga adalah berlibur bersama. Berlibur bisa membantu anda dan pasangan dalam mengurangi stres, meningkatkan kepedulian anda terhadap pasangan anda. Sebagai contoh, diakhir pekan anda berdua berlibur misalkan, pergi ketempat makan favorit, mengunjungi tempat wisata, atau yang lainnya. 


7. Terbuka

Salah satu ciri rumah tangga bahagia adalah tidak adanya tekanan. Oleh karena itu, jika ada sesuatu yang mengganggu anda, diskusikan hal tersebut dengan pasangan anda. Jangan dipendam karena akan menjadi bom waktu yang merugikan. Tebukalah dalam segala hal demi keharmonisan rumah tangga Anda. Jangan ada yang ditutup-tutupi dari pasangan anda agar ia tidak mengira-ngira kepada anda, karna tempat menuangkan segala sesuatunya itu ada pada pasangan anda, dengan demikan anda berdua bisa mendapatkan solusi terbaik. 


8.  Saling mengingatkan

Tips kebahagiaan dalam rumah tangga lain adalah saling mengingatkan. Hal ini terlihat sepele, namun besar dampaknya. Sebagai contoh, anda mengingatkan isteri anda tentang shalat 5 waktu atau tagihan-tagihan seperti pembayaran listrik, air, atau yang lainnya.


9. Panggil dengan panggilan sayang

Tips ini merupakan salah satu keharmonisan dalam rumah tangga. Tidak ada salah jika suami memanggil isteri dengan panggilan kesayanagan, begitu juga dengan isreri kepada suami nya dengan panggilan sayang. Pilihlah panggilan yang baik dan pasangan juga menyukainya. Karna dengan panggilan khusus seperti ini pasangan akan lebih lengket dan cinta kepada anda. 


10. Saling mengerti

Sebagai isteri, anda lelah  mengurus rumah dan anak-anak. Sebagai suami, anda lelah mencari nafkah. Agar kondisi ini tidak memicu pertengkaran, anda berdua harus saling mengerti satu sama lain. Mengerti keadaan kewajiban suami dan isteri akan membantu rumah tangga anda menjadi lebih baik lagi. Rumah tangga itu penuh tantangan, rintangan yang harus dihadapi oleh kedua pasangan. Kuatkan kedua diri anda untuk menghadapinya. Namun percatalah jika anda memahami pasangan anda akan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. 



PENULIS

Nama: Fitriani Wahyuni Limbong

Instansi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Medan 

Jurusan: Ahwal Syakhsiyyah (Hukum Keluarga Islam)

Fakultas: Syariah & Hukum

(Peserta KKN-DR Kelompok 61)

Komentar

Posting Komentar